Jangan Tidur Selama Ada Matahari

"Apa kabar sahabat Penopers?" jawab dengan lantang "MANTAP JAYA!!!"

Tanggal merah ni, saatnya para penggali ilmu melepas penat, pusing, galau, bosan dan semua rasa yang biasa menyelimuti. Gantikan dengan aktivitas yang menyenangkan seperti jalan-jalan bareng gandengan, sahabat, ngegame, lembur tugas, kuliner, bersih-bersih kamar, atau yang paling amat sangat populer adalah TIDUR.:)) setuju....?=))

Menurut ilmu yang Penopi dapat dari dosen saat kuliah, berdasarkan penelitian dieropa; ternyata tidur siang itu baiknya 10-15 menit saja, lebih tepatnya sih disebut istirahat.

Sleep Like a Puss
Caranya yakni dengan memosisikan (ingat, dalam bahasa indonesia, huruf yang melebur itu yaitu K-T-S-P, jadi bukan memposisikan tapi memosisikan) tubuh terlentang, lalu merem dengan menikmati suara alam. Tidak harus tidur alfa/nyenyak ya, jadi hanya mengistirahatkan tubuh agar kembali segar. Jangan lupa atur alarm, karena biasanya ane bablas dan kuliah siangnya kelewatan.X_X

Ternyata ketika kita tidur disiang hari, apalagi dengan durasi yang lama, membuat tubuh kita malah terasa lemas, males dan menjadikan kita ahli tidur. Selain itu ternyata juga meningkatkan risiko insomnia yang berdampak buruk pada kesehatan kita. Kenapa buruk??
Saat malam adalah saat terbaik bagi tubuh untuk meregenerasi sel yang sudah rusak, selain itu ada hormon tertentu yang hanya diproduksi dalam keadaan gelap, yaitu hormon melatonin. Hormon ini memiliki efek yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita salah satunya sebagai pengatur irama sirkardian, dan sebagai antioksidan. Insomnia (sulit tidur) juga membuat tubuh jadi lesu disiang hari, tidak bersemangat, mengantuk, dan tentunya membuat kita jadi kehilangan banyak peluang yang sejatinya banyak muncul bersamaan dengan matahari.

Awake Like a Bat
Aktivitas yang cukup pada siang hari, membuat tubuh terasa lelah menjelang malam, dan membuat kualitas tidur kita menjadi lebih mantap (baca lebih lanjut mengenai kualitas tidur) dan terjaga dalam kondisi yang segar bugar serta siap menikmati hari yang indah.
Jadi, kesimpulan dari tulisan ini adalah :

  • Manfaatkan cahaya matahari yang sudah Allah berikan dengan semaksimal mungkin, manfaatkan semua kesempatan layaknya para optimiser yang selalu melihat peluang, bukan seperti para pesimiser yang selalu melihat kesulitan. 
  • Usahakan jangan sampai tidur siang tapi hanya istirahat dengan cara memejamkan mata dan memosisikan tubuh serileks mungkin dengan durasi waktu 10-15 menit (buat alarm).
  • Melangkah lebih maju dengan merencanakan yang akan kita lakukan lusa hari, buat jadwal.
  • Ingat barang siapa yang memanfaatkan masa aktifnya semaksimal mungkin sebelum masa pasifnya makan akan mendapat lebih dari yang dibayangkan.;)
Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat :)) Salam "MANTAP JAYA"

"Ketika bangun dipagi hari, hal utama terbaik dan terindah untuk dilakukan adalah bersyukur atas kesempatan hidup 
sekali lagi dihari itu, kesempatan memperbaiki kesalahan dihari kemarin, dan kesempatan menjadi apa yang belum tercapai"


Related Posts:

Powered by Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "