Nasihat bijak "Sang penasihat dari Omaha" :Tentang Hidup dan Uang

"Apa kabar sahabat Penopers?" jawab dengan lantang "MANTAP JAYA!!!"
Warren Edward Buffett "Si Bijak dari Omaha" atau "Sang penasihat dari Omaha" lahir tanggal 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Buffet adalah seorang investor, pebisnis, dan juga seorang filantopis (dermawan, penuh cinta, kasih sayang dan kemanusiaan). Ayahnya Howard Buffett, adalah seorang broker/pialang saham (perantara antara investor dan emiten (pihak yang menawarkan atau menjual efek kapada masyarakat melalui Pasar Modal) di perdagangan bursa saham) dan juga anggota DPR AS. Ibunya bernama Leila Buffett. Sejak kecil ia sudah diajarkan tentang bisnis dan matematika, ia juga banyak membaca buku tentang bisnis dan pasar modal. Ketika usianya masih 11 tahun ia bekerja sebagai seorang loper koran (pengantar koran ke rumah pelanggan), memanfaatkan waktunya untuk mengelilingi lapangan golf dan mencari bola golf yang hilang, kemudian ia menjualnya dengan harga murah kepada pemain golf di sekitar lapangan golf tersebut, selain itu Ia juga membeli saham pertamanya yaitu saham Cities Services seharga $38,25 per lembar melalui broker ayahnya. Lalu ia menjual kembali saham tersebut seharga $40. Beberapa tahun kemudian, harga saham yang telah dia jual mencapai $200 per lembar, dan hal ini menyebabkan Buffet berpikir (dan berprinsip) untuk tidak terburu-buru untuk melepas sahamnya. Pada usia 14 tahun (SMA), ia memulai bekerja dengan memasang mesin pinball di tempat potong rambut, keuntungan sebesar $ 1,200 yang ia peroleh, digunakan untuk membeli 40 hektar tanah pertanian yang kemudian ia sewakan pada petani lokal. Dari sini ia sudah menciptakan passive income (penghasilan pasif) dari sewa lahan. Ini semua terjadi diusianya yang masih 14 tahun.


Singkat cerita, ia pandai merubah perusahaan yang diujung kebangkrutan, menjadi perusahaan seksi yang menarik minat banyak investor lain. Tidak heran jika harga saham Berkshire Hathaway (milik Buffet) yang dipakai sebagai alat untuk membeli banyak perusahaan pun terus meroket di pasar modal. Buffet dikenal dengan kesederhanaan kedermawanannya yang luar biasa, bahkan dia menyumbangkan 83%  keuntungannya (sekitar Rp300.000.000.000.000). Kini Buffet menjadi salah satu orang terkaya dan berpengaruh didunia.
Berikut Nasihat Bijak dari Warren Edward Buffett "Si Bijak dari Omaha" yang dapat kita jadikan motivasi dan pelajaran untuk kita.
"Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berinvestasilah dengan apa yg kau miliki, serta ingat :
1. Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.
2. Hiduplah sederhana sebagaimana dirimu sendiri.
3. Jangan melakukan apapun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang baik saja.
4. Jangan memakai merk, pakailah yang benar˛ nyaman untukmu.
5. Jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.
6. With money:
You can buy a house, but not a home.
You can buy a clock, but not time.
You can buy a bed, but not sleep.
You can buy a book, but not knowledge.
You can get a position, but not respect.
You can buy blood, but not life. So find your happiness inside you.
7. Jika itu telah berhasil dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkanlah pada orang lain.
Terima kasih sudah singgah, semoga bermanfaat :)) Salam MJ (Mantap Jaya)
"Orang yang bijak adalah orang yang tahu apa, kapan, dimana, dan bagaimana sesuatu seharusnya diperlakukan."
Kunjungi juga "Nasihat Bijak Warren Edward Buffett" dalam gambar.

Related Posts:

Powered by Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "